Tips dan Cara Membuat Header Blog Cantik

Membuat header sebuah blog itu gampang-gampang sulit. Dari pengalaman mengajarkan ratusan orang tentang cara membuat blog, ternyata urusan header ini menjadi sebuah hal yang unik. Walau saya memberikan materi dasar yang sama, memilihkan huruf (font) yang sama, bahkan terkadang memberikan template separuh jadi untuk memudahkan proses peserta kursus membuat blog, tetap saja hasilnya bisa sangat berbeda. Mungkin itu sebabnya jasa pembuatan header masih sangat laris manis.

Header adalah hal pertama orang melihat pada blog Anda sehingga harus menarik dan desainnya merefleksikan isi blog Anda. Dalam mendesain header, coba gali dalam diri Anda. Kesan apa yang ingin ditampilkan pada blog Anda? Profesional? Hangat? Cantik? Nyaman? Enak? Feminin? Maskulin? Anak-anak?

Sebelum masuk ke ranah teknis cara membuat header, ada satu hal yang perlu diingat. Walau header merupakan hal pertama yang dilihat pembaca ketika berkunjung ke blog Anda, jangan tergoda untuk memasukkan terlalu banyak elemen pada header. Banyak blog dengan header yang chic dan menarik bahkan tidak memiliki gambar sama sekali.

CONTOH:


Header ini sederhana, menggunakan Google Font Josefin Sans.
Bisa langsung dipakai di Template -> Customize -> Advance -> Blog Title -> Pilih Josefin Sans.


Header ini sederhana, menggunakan Google Font Open Sans baik untuk Blog Title ataupun Tagline.



Header ini memadukan jenis huruf mewah dan sederhana. Paduan antara font Buttercup & Open Sans. Dibuat menggunakan Pixlr Online Editor. Caranya tidak sulit, bisa dilihat melalui tutorial berikut:




Berikut tips untuk membuat header yang sederhana tapi tetap menarik:
  • Batasi penggunaan jenis huruf. Coba maksimal 2 saja.
  • Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca.
  • Jika Anda menggunakan jenis huruf mewah untuk satu elemen, coba gunakan jenis huruf sederhana untuk elemen yang lain.
  • Eksplorasi jarak antar huruf dan elemen untuk menciptakan kesan menyatu yang cantik.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top