Langkah Awal Membuat Blog

Sebelum kita mulai membuat blog, penting bagi kita untuk menggali alasan MENGAPA kita blogging? SIAPA pembaca blog kita? dan APA isi blog kita. Hal ini penting, karena sesederhana apapun blog kita, ada waktu dan usaha yang tercurah untuk membuat & mengisinya. Apalagi jika kita ingin blog kita membawa manfaat, baik secara moral maupun finansial.



Mengapa Anda Menulis BLOG XYZ?

Hal pertama yang perlu dijawab oleh Anda adalah, "Mengapa Anda menulis blog XYZ?" Apakah untuk menjawab sebuah masalah yang terjadi di masyarakat? Apakah ingin menghibur orang dengan tulisan-tulisan Anda yang segar? Atau Anda hanya menulis untuk sekedar meluapkan emosi yang sedang Anda rasakan saat ini?

Coba jawab mengapa Anda ingin bersusah payah membuat blog dan mengisinya.

Setelah pertanyaan ini terjawab, tanyakan sekali lagi. "Mengapa Anda perlu melakukannya?". Terus tanyakan hal ini pada diri Anda hingga akhirnya Anda mendapatkan jawaban yang sesungguhnya mengapa Anda menulis blog.

 Ini prosesku: 

Mengapa Anda menulis blog DigitalMommie? 
Untuk membuat ibu dan para perempuan muda di Indonesia semakin akrab dengan teknologi.

Mengapa Anda perlu melakukannya? 
Agar mereka tidak hanya tumbuh sebagai pengguna tapi bisa memaksimalkan manfaat dari perkembangan teknologi.

Mengapa? 
Agar mereka dapat mendampingi anak-anak mereka yang tumbuh di dunia digital serta mampu membangun bisnis mereka sendiri hingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan mereka.


Nah, kebayang kan cara menjawabnya?

***

Siapa Pembaca Blog Anda?

Untuk siapa Anda menulis? Kepada siapa Anda berbagi tulisan Anda? Siapa yang Anda harapkan membaca blog Anda? Apakah Anda menulis untuk perempuan atau laki-laki? Anak-anak, remaja atau orang dewasa? Kepada yang sudah menikah atau belum menikah? Sudah punya anak atau belum punya anak? Ibu rumah tangga atau ibu bekerja?

Jika Anda menjawab blog Anda adalah untuk semua orang, kemungkinan blog Anda tidak akan terlalu berkembang. Karena sebagian besar orang yang datang ke blog Anda itu dari kata kunci yang ditangkap google melalui tulisan-tulisan Anda. Itu berarti, orang yang datang ke blog Anda MENGHARAPKAN tulisan yang SESUAI dengan kata kunci yang dia ketik di mesin pencari.

Untuk itu penting bagi Anda membayangkan seperti apa profil pembaca atau tamu blog Anda.


Contoh untuk blog DigitalMommie:

Aku menulis untuk para ibu yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang teknologi agar dapat menerapkan dan memanfaatkannya semaksimal mungkin dalam kehidupan mereka. Dari mulai meningkatkan kualitas diri hingga memungkinkan mereka membangun bisnisnya sendiri. Aku ingin semakin banyak wanita Indonesia yang punya banyak waktu berkualitas bagi anak & keluarga mereka sambil tetap dapat berkarya dari rumah menggenggam dunia.

***

Apa isi Blog Anda?

Tulisan apa yang akan Anda tuangkan di dalam blog Anda? Masalah apa yang bisa Anda selesaikan melalui tulisan Anda? Apa yang membuat tulisan dalam blog Anda spesial? Kelebihan apa yang Anda miliki hingga orang mau datang dan membaca tulisan di blog Anda?

Memang sih, jika jawaban dari pertanyaan pertama adalah "Menulis blog sebagai luapan emosi yang sedang dirasakan saat ini", berarti Anda tidak perlu menjawab terlalu detil pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Karena itu berarti Anda menggunakan proses menulis sebagai terapi kesehatan, dan itu pun sebuah manfaat besar dari menulis.

Walau demikian, banyak blog besar yang awalnya dibuat dari berbagi rasa ternyata memiliki banyak pembaca dan berkembang menjadi blog yang informatif. Seperti yang terjadi di blog pribadi keluargaku, awalnya aku dan suami menulis hanya untuk mendokumentasikan perkembangan anak-anak kami yang homeschooling, serta curhatan keseharian seorang ibu yang kadang kusut surusut dalam proses menjaga kewarasan antara mengajar anak sendiri dan memastikan urusan rumah tangga beres. Sekian tahun kemudian, ternyata blog kami menang beragam lomba blog hingga akhirnya sekarang menjadi salah satu rujukan informasi bagi orangtua Indonesia yang ingin mendidik anak mereka sendiri.

Jadi, cepat atau lambat jika Anda konsisten mengisi blog Anda, karakter blog Anda pada akhirnya akan terbangun dan tanpa sadar Anda mungkin telah membantu menyelesaikan masalah pembaca Anda. Anda boleh memilih mau membangun kredibilitas blog dalam jangka waktu pendek atau panjang.

Jika Anda ingin segera membangun kredibilitas blog Anda, silakan unduh worksheet berikut:


Dari jawaban Anda di atas, coba simpulkan 3 hal yang Anda harapkan tersirat dari blog Anda. Jika sudah dapat, maka kita bisa melangkah ke tips berikutnya :D

**worksheet berukuran A5

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top